Cara Instal Mikrotik Di Virtualbox Untuk Membuka Winbox


R.A - RIZKI ARYANTO - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang Cara Instal Mikrotik Di Virtualbox Untuk Membuka Winbox, yah dengan inilah cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk bisa menjalankan mikrotik tanpa membeli hardwarenya. oke biar tidak lama lagi langsung saja ke langkah langkah instalasinya.

1. Buka Virtualboxnya, jika belum punya virtualboxnya bisa download disini secara gratis (freeware) jika sudah terus klik new.


2. Lakukan instalasinya seperti biasa atau bisa lihat dibawah ini,.


3. Jika sudah langkah kedua, kemudian kini saatnya memasukan file instalasi Mikrotik OS dengan cara klik Setting -> Storage -> Empty -> Ikon Kaset -> Choose Virtual Optical Disk File...


4. Kemudian masukkan file ISO Mikrotiknya. Jika belum punya bisa download gratis disini (trial) jika tidak ingin trial bisa membeli licensinya langsung disitusnya.


5. Jika sudah memasukkan file ISOnya, kemudian lanjut ke langkah setting networknya untuk settingnya masih sama di menu setting terus klik Network kemudian pada menu Attached To pilih Host-Only Adapter dan pada Name pilih VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter kemudian klik Ok.


6. Kemudian klik start.


7. Jika sudah maka akan muncul menu instalasi mikrotiknya, terus klik tombol a pada Keyboard untuk memilih semuanya kemudian klik i untuk instal. Nah akan muncul do you want to keep old configuration klik n untuk tidak, kemudian akan muncul warning: all data on the disk will be erased? klik y untuk melakukan penghapusan dan kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.


8. Sebelum melakukan reboot masuk dulu Devices -> Optical Devices terus hilangkan tanda centang, kemudian klik Enter untuk melakukan proses Reboot. maksud dari menghilangkan tanda centang ini agar pada saat reboot tidak akan mengulang lagi ke awal proses insatalasinya.


9. Dan traaa akhirnya proses insatalasinya selesai, untuk masuk isikan admin password kosong.


10. Untuk cara masuk ke winboxnya, pertama buka winbox jika belum punya bisa download disini (gratis), jika sudah masuk winbox klik neighbors kemudian klik refresh terus klik mac address mikrotiknya lalu klik connect.


11. Jeng jeng jeng dan akhirnya masuk juga ke winbox.


Sekian Tutorial tentang Cara Instal Mikrotik Di Virtualbox Untuk Membuka Winbox jika ada yang kurang dimengerti bisa tanyakan langsung di kolom komentar yah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel